Saturday, 15 February 2014

Mitos Seputar Menstruasi

Hi girls… postingan kali ini saya dedikasikan untuk kalian semua, tapi untuk para lelaki yang Kepo wajib baca juga deh :D
Bahasan kita kali ini cewe bingitss nih, hehehe. Yap sesuai dengan judulnya kita akan bahas mengenai mitos seputar menstruasi.

Haid atau menstruasi merupakan siklus bulanan yang pasti dialami oleh setiap wanita normal di muka bumi ini tanpa terkecuali. Sebagai tamu yang selalu datang setiap bulan (kecuali ada sesuatu dan lain hal). Wanita akrab dengan menstruasi, termasuk mitos-mitosnya. Tapi tidak semua mitos menstruasi bisa dipercaya dan terbukti kebenarannya. Akan tetapi kenyataannya banyak wanita yang mempercayai akan kebenaran mitos sehingga melakukan hal-hal aneh yang justru dalam penjelasan ilmiahnya tidak mempunyai hubungan sama sekali dengan menstruasi. Kurangnya informasi dan pengetahuan yang diberikan pada remaja seputar pubertas, khususnya menstruasi terkadang menjadi salah satu penyebab timbulnya kepercayaan terhadap mitos-mitos ini. Banyak sekali mitos seputar menstruasi yang berkembang di masyarakat, tetapi disini saya hanya akan membahas mitos yang sudah mainstream tapi justru masih sangat dipercayai oleh para wanita. Apakah saja itu? Dan bagaimana fakta ilmiahnya? Cekidott girls..

1.      Minum soda akan memperlancar haid
Menstruasi yang tidak lancar tentu saja akan sangat mengganggu aktifitas apalagi kalau diiringi rasa nyeri (girls, you know how its feels T.T ). Konon katanya dengan meminum soda akan dapat memperlancar dan mempercepat selesainya menstruasi. Betulkah demikian? Percayakah kalian? Ok, lets see the fact!
Faktanya:
Menurut sebuah penelitian ternyata tidak ada hubungan sama sekali minuman bersoda dengan menstruasi. Menstruasi yang tidak lancar diakibatkan adanya faktor internal yaitu hormon yang bertugas mengatur siklus menstruasi tidak seimbang. Hal ini dapat dipengaruhi oleh keadaan stress dan perubahan berat badan. Ini membuktikan kepada anda bahwa untuk memperlancar haid tidak ada hubungannya dengan minuman bersoda. Yang haidnya ga lancar ga perlu nih repot-repot minum soda ampe perut kembung, yang ada malah minum soda secara berlebihan tidak baik untuk kesehatan. Sebaiknya istirahat yang cukup, jaga asupan nutrisi dan hindari stress.
2.      Jangan minum es saat haid
Katanya jika meminum es saat menstruasi maka akan menyebabkan darah membeku sehingga berakibat kista. Saya sempat percaya dengan mitos ini. Sampai-sampai pas haid saya bener-bener ga berani minum es. Tapi benarkah demikian?
Faktanya:
Air dingin tidak memberi efek apapun pada saat menstruasi. Berikut penjelasannya: Menstruasi berhubungann dengan sistem reproduksi wanita  sedangkan minum dan makan akan berhubungan dengan sistem pencernaan. Anda bisa mengetahui sendiri bahwa dua sistem yang berbeda yaitu sistem reproduksi dan sistem pencernaan yang terpisah dan tidak ada hubungan satu sama lainnya. Sehingga secara medis tidak benar adanya pengaruh antara minum-minuman dingin yang anda konsumsi ketika sedang haid dengan adanya gangguan pada mentruasi. Apalagi hingga menyebabkan adanya pembekuan darah, itu hanya kesalahan cara pandang masyarakat. Nah bagi kaum wanita yang selama ini harus puasa minum es saat menstruasi, nikmatilah kebebasan kalian untuk menikmati es. Tapi eeiitsss… jangan minum es banyak-banyak ya karena bisa membuat kondisi tubuh menjadi drop.
3.    Tidak boleh keramas ketika sedang menstruasi
Konon katanya jika keramas saat menstruasi maka akan dapat mempercepat menopause. Ini juga mitos yang sempat saya percayai, ckckck ternyata saya termakan cukup banyak mitos selama ini -_-
Tidak keramas selama haid? Itu artinya berhari-hari, Oh My to the God! tidak bisa dibayangkan betapa lepeknya rambut ini, kulit kepala dijamin super duper gatal. Tapi tampaknya masih banyak yang percaya dengan mitos ini, baiklah mari kita lihat fakta ilmiahnya.
Faktanya:
Menurut dr. Caroline Tirtajasa,Sp.,OG di salah satu situs internet tidak ada larangan untuk keramas ketika sedang menstruasi dan keramas sama sekali tidak ada kaitannya dengan menstruasi. Menjaga kebersihan adalah hal terpenting ketika sedang menstruasi. Begitu pula dengan mencuci rambut, kebersihan kulit kepala ketika sedang menstruasi harus lebih dijaga karena adanya perubahan hormon.
4.    Menstruasi membuat tubuh menjadi lemah
Kebanyakan wanita memang mengatakan kondisinya menjadi melemah saat menstruasi. Termasuk saya juga mengalami hal demikian, tubuh terasa lemas. Terlebih lagi jika mengalami nyeri pada perut, rasanya ingin terus berbaring di tempat tidur. Tapi benarkah menstruasi membuat tubuh menjadi lemah?
Faktanya:
Pada saat menstruasi, seorang wanita sering mengalami nyeri sehingga terlihat lemas. Padahal sebenarnya tidak selalu demikian. Hasil penelitian menyebutkan bahwa rata-rata saat menstruasi, darah yang dikeluarkan oleh tubuh hanyalah 50-150 ml, atau sekitar 4 – 6 enam sendok. Selama kondisi tubuh fit dan tidak mengalami kejang atau nyeri menstruasi, setiap wanita bisa mengerjakan apapun, seperti hari-hari di luar menstruasi. Jadi tidak benar kalau tubuh melemas hanya karena darah yang keluar saat menstruasi. Tetapi, jikapun terasa lemas, pasti karena ada gangguan fisik lainnya.

Oke girls itulah beberapa mitos mainstream yang sering kita jumpai di masyarakat dan mayoritas kita pernah percaya dengan salah satu mitos diatas. Meskipun ada banyak mitos bertebaran ibarat daun gugur ada baiknya kita jangan langsung percaya. Tetapi kita harus mencari penjelasan ilmiahnya sehingga tidak ketakutan dengan mitos yang belum tentu kebenarannya. Menjaga kesehatan dan kebersihan organ reproduksi itulah yang terpenting apalagi selama menstruasi. Selain itu menjaga asupan gizi, istirahat yang cukup serta menghindari setres akan membantu kondisi kita tetap fit.
Semoga bermanfaat dan jangan lupa tinggalkan komentar.
Happy Blogging :)

Sumber:
http://www.vemale.com
http://menstruasi.com/node/398







0 comments:

Post a Comment