Saturday, 10 May 2014

Kepribadian di Balik Tanda Tangan

Tanda tangan bisa dijadikan ciri khas sesorang. Umumnya setiap orang mempunyai tanda tangan yg berbeda-beda. Di Dalam kehidupan kita sehari-hari tanda tangan mempunyai peranan yang sangat penting. Tanda tangan ibarat perwakilan dari diri kita. Misalnya ketika kita menanda tangani sebuah perjanjian maka berarti kita telah setuju dengan perjanjian tersebut dan masih banyak hal lagi yang menggambarkan pentingnya fungsi tanda tangan. Selain itu tanda tangan merupakan hal spesifik ibarat kata beda orang beda tanda tangan. Bayangkan saja seorang fans yang sangat menggemari idolanya, terkadang mereka rela mengantri berdesak-desakkan, kejar-kejaran dan hal-hal ektrim lainnya hanya untuk mendapatkan tanda tangan dari sang idolanya. Yap disini karena tanda tangan itu menunjukkan orang yang spesifik, tentu saja sangat bahagia rasanya mendapat tanda tangan langsung dari sang idola. Tidak saja digunakan untuk menada tangani surat-surat berharga dan fungsi-fungsi formal lainnya, ternyata goresan tanda tangan kita mempunyai makna tertentu dan menggambarkan sifat dan kperibadian dari sang pemilik. Jadi jangan kira tanda tangan kita hanya sebuah goresan pena semata. Setelah dihimpun dari berbagai sumber ada beberapa kriteria dan penggolongan yang digunakan untuk membedakan karakter dari setiap tanda tangan, cekidottt guys :)

Lihat dari Ukurannya
Lihat ukuran tanda tangannya lalu bandingkan dengan tulisan tangannya. Jika ukuran tanda tangan sama besarnya dengan tulisan tangannya, itu menandakan ia memiliki kepribadian yang tenang, dapat diandalkan, dan bijaksana. Berbeda dengan orang yang tanda tangannya lebih besar dibandingkan tulisannya. Itu menunjukkan bahwa orang tersebut memiliki rasa percaya diri yang tinggi. Bila ukuran tanda tangan jauh lebih besar berarti ia seorang yang egois, suka cari perhatian, manupulatif, dan terlalu percaya diri. Sebaliknya, kalau ukuran tanda tangan lebih kecil dari tulisannya berarti dia merupakan sosok yang pendiam dan sensitif.

Tulisan lancip atau tajam
Seseorang yang memiliki ukiran lancip-lancip atau tajam seperti gambar rumput di tanda tangannya menandakan bahwa ia adalah seseorang yang cerdas dan berpendidikan seperti Donald Trumph.

Tidak terbaca
Tanda tangan yang tidak terbaca menandakan bahwa orang tersebut merupakan sosok yang memiliki kepribadian tertutup.

Titik di akhir tanda tangan
Tanda tambahan berupa titik ini biasanya muncul pada akhir tanda tangan. Hal ini menimbulkan kesan rasa waswas penulis kalau-kalau tanda tangannya dipalsukan oleh orang lain. Tanda titik bisa juga melambangkan pendirian yang stabil, rasa curiga, dan mencoba menjaga jarak. Seseorang yang memberi titik di akhir tanda tangan yang bukan merupakan kependekan namanya merupakan pribadi yang mudah curiga kepada orang lain. Namun saat sudah percaya dengan seseorang, akan menaruh kepercayaan yang sangat besar sehingga sering 'dimanfaatkan' oleh orang lain.

Diberi garis bawah
Jika seseorang menorehkan garis bawah di tanda tangannya berarti ia memiliki jiwa kepemimpinan. Namun perlu diperhatikan, jika garis bawahnya pendek berarti dia merupakan sosok yang terlalu bossy. Kalau garisnya menempel di bawah tanda tangan, hidupnya tergantung pada orang lain. Garis bawah sebaiknya tidak menyentuh tanda tangan. Goresan pada akhir tanda tangan harus lepas. Kalau ujungnya ke bawah, di hari tua sakit-sakitan, dan makin sengsara. Apalagi kalau ujungnya membentuk kait, hidupnya akan terus dililit utang.

Tanda tangan terputus-putus
Individu yang memiliki tanda tangan seperti ini biasanya perjalanan hidupnya tersendat-sendat. Tidak punya rencana awal yang matang. Kalau ruwet dan melingkar-lingkar, orangnya suka mengeluh, sering memikirkan susahnya ketimbang senangnya.

Tanda tangan identik dengan karakteristik teks tulisan tangan
Individu dengan tanda tangan seperti ini sudah merasa puas dengan dirinya sendiri. Tidak ingin menonjolkan diri, tulus hati, dan teguh.

Penempatan tanda tangan tepat di atas garis yang tersedia
Hal ini menunjukkan respek terhadap diri sendiri maupun otoritas. Bila agak di atas garis menandakan kegembiraan berkaitan dengan dokumen yang ditanda tangani itu. Di bawah garis berarti depresi. Tanda tangan beralur naik mencerminkan rasa percaya diri yang besar. Alur menurun, suasana suram.

Dekorasi berlebihan
Dekorasi berlebihan berbentuk garis lurus atau melengkung dengan bintang, menunjukkan orang yang merasa tak diperhatikan atau tidak memiliki keistimewaan. Kalau goresannya agresif dan seolah ingin membatalkan tanda tangan, itu pertanda frustasi dan tidak sabaran. Bahkan ada yang menghubungkannya dengan kecenderungan penyimpangan seksual atau keragu-raguan.

Dekorasi yang mengelilingi sebagian besar nama
Hal ini mencerminkan sifat menutup diri atau pembelaan diri. Tanda tangan berbentuk coret-coretan, orangnya tertutup. Lingkaran mengelilingi tanda tangan mengindikasikan depresi dan teriakan minta bantuan.

Letak Tanda Tangan dengan Tulisan
Menurut buku yang berjudul 'Kaya dengan GraphoSelling', orang yang menaruh tanda tangannya jauh dari tulisan di atasnya menandakan bahwa informasi yang ia tuliskan tidak sepenuhnya benar. Ia merasa ragu atau bahkan berbohong dengan pernyataan yang dituliskan. Bila seseorang menorehkan tanda tangannya dekat dengan tulisannya berarti ia merasa dekat dengan informasi di dalamnya. Semakin dekat tanda tangan dengan tulisan, semakin yakin penulisnya bahwa info yang ia berikan benar dan jujur.

Nah itulah beberapa kriteria yang bisa digunakan untuk membaca kepribadian orang berdasarkan tanda tangan. Tapi sekali lagi itu hanya opini, jadi kalian tidak diharuskan untuk mempercayainya. Dan percaya atau tidak kembali pada pribadi masing-masing. Tapi jangan sampai setelah membaca artikel ini teman-teman pada rame-rame mengganti tanda tangan. Hehehe. Kepribadian merupakan cerminan hati dan perilaku kita jadi merubah tanda tangan belum tentu merubah kepribadian. Semoga bermanfaat, happy blogging :)



Sumber:
http://yucikepribadian.wordpress.com/melihat-kepribadian-seseorang-lewat-tanda-tangan/
http://chiwin.wordpress.com/membaca-karakter-orang-lewat-tulisan-tangan/
http://shekakau.blogspot.com/2013/08/cara-membaca-watak-seseorang-dari-tanda.html


0 comments:

Post a Comment