Sunday, 3 August 2014

Kenapa Cincin Pernikahan Disematkan di Jari Manis?

Pernikahan merupakan suatu ikatan suci antara dua orang yang saling mencintai. Setiap orang pasti memimpikan bila menjadikan pernikahan sebagai suatu peristiwa sakral yang pertama dan terakhir, serta mendapatkan pasangan hidup yang setia dan selalu ada di samping, baik dalam masa suka maupun duka. Karena itulah, meski sulit dibuktikan secara logis, jari manis kita sebagai “pelabuhan” cincin pernikahan terasa sulit dipisahkan bila telah disatukan.


Bentuk lingkaran dari cincin menjadi simbol keabadian, karena potongannya yang tanpa akhir. Makna ini dipercaya bukan hanya oleh orang Mesir, tapi juga budaya kuno lain. Lubang di tengah cincin pun juga memiliki makna, bukan hanya dianggap sebagai ruang, tapi juga pintu gerbang yang mengarah ke hal-hal maupun kejadian yang sudah diketahui maupun yang belum diketahui. Dengan memberikan wanita sebuah cincin menandakan cinta yang abadi dan tanpa akhir.

Dulu cincin perkawinan dikenakan di jari yang berbeda-beda, termasuk ibu jari, bahkan pada kedua tangan kanan maupun kiri. Menurut tradisi yang dipercaya berasal dari masyarakat Romawi, cincin perkawinan dikenakan di jari manis tangan kiri karena adanya vena (pembuluh darah) pada jari tersebut, yang disebut ‘Vena Amoris’ atau ‘Vein of Love’ (Vena Cinta), yang terhubung langsung ke jantung. Tapi teori ini ditepis oleh para ilmuwan. Meskipun demikian, mitos ini masih terus bertahan dan masih dipercaya oleh mereka yang romantis sebagai alasan utama mengenakan cincin pada jari manis kiri.

Jari manis manusia identik dengan cincin perkawinan. Banyak yang bertanya, kenapa cincin perkawinan harus disematkan di jari manis, tidak di jari lain? Nah, untuk mengetahui alasannya, coba ikuti langkah-langkah berikut ini:
  • Pertemukan kedua telapak tangan anda,  jari tengah ditekuk ke dalam. 
  • Kemudian, 4 jari yang lain dipertemukan ujungnya.
  • Permainan dimulai, hanya 1 pasang jari yang tidak terpisahkan
  • Cobalah membuka ibu jari anda, ibu jari mewakili orang tua, ibu jari bisa dibuka  karena semua manusia mengalami sakit dan mati. Dengan demikian orang tua kita  akan meninggalkan kita suatu hari nanti dan kita tidak akan selamanya hidup dan  tinggal bersama orang tua kita.
  • Tutup kembali ibu jari anda, kemudian buka jari telunjuk anda, jari telunjuk  mewakili kakak dan adik anda, mereka memiliki keluarga sendiri, sehingga mereka  juga akan meninggalkan kita.
  • Sekarang tutup kembali jari telunjuk anda, buka jari kelingking, yang mewakili anak-anakkita. Cepat atau lambat anak kita juga akan meninggalkan kita.
  • Selanjutnya, tutup jari kelingking anda, bukalah jari manis anda tempat dimana kita menaruh cincin perkawinan anda, kamu akan heran karena jari tersebut tidak akan bisa dibuka. Karena jari manis mewakili suami dan istri. Selama hidup, anda dan pasangan anda akan terus melekat satu sama lain. 

Ketika otak menerima pesan utk menggerakan jari telunjuk, jempol, tengah, dan kelingking kita. Jari-jari itu dapat digerakkan. Mengapa jari manis tetap diam tak dapat digerakkan meskipun otak ini bersikeras menggoyahkan? Itulah kenapa dari dulu cinta didasarkan pada dorongan kuat dari perasaan, bukan dari otak atau otot. Terasa kan sekeras apapun otak dan otot kita bersikeras menggerakan jari manis kita, tetap tak bisa digoyahkan? Simbol dari cinta sejati.  

Meskipun memiliki makna yang sangat mendalam, cincin pernikahan tetap saja hanya sebuah simbol. Keutuhan suatu rumah tangga tergantung dari pasangan yang menjalaninya serta kuatnya komitmen bersama. Mungkin banyak yang berpikir jari manis yang sulit dipisahkan ketika telapak tangan kita disatukan hanya sebuah kebetulan semata, tetapi meskipun hanya sebuah kebetulan itu adalah kebetulan yang indah bukan? :)

Semoga bermanfaat, happy blogging :)





Sumber:
http://www.thecrowdvoice.com/post/alasan-cincin-pernikahan-dipakai-di-jari-manis-3032910.html
http://yulianakode.blogspot.com/2013/09/kenapa-cincin-kawin-dipakai-di-jari.html http://www.femina.co.id/isu.wanita/topik.hangat/mitos.fakta.cincin.kawin/005/007/60
http://www.tahupedia.com/content/show/125/Alasan-Mengapa-Cincin-Pernikahan-Dipakai-di-Jari-Manis

0 comments:

Post a Comment