Monday, 14 July 2014

Ospek? Siapa Takut!


Hallo good people :D *ala presenter*
Dimna pun kalian berada, dibelahan bumi manapun kalian menetap, jangan pernah ada yang bersedih apalagi menggalau ria. Karena sekarang ada kabar gembira untuk kita semua. Yap, kulit manggis kini ada ekstraknya :v #apasih. Hahaha, mari lupakan kulit manggis sejenak, disini sebenarnya saya ingin memberitahukan bahwa UAS sudah berakhir *tebar bunga*. Dan apakah artinya? Yayaya benar sekali liburan sudah tiba dan tentunya setelah liburan akan ada tahun akademik baru. Dan apakah artinya? Artinya adalah akan tiba sekumpulan cabe dan terong #ehh maksudnya sekumpulan mantan anak SMA yang lazim kita sebut dengan calon mahasiswa alias nama kerennya MABA (Mahasiswa Baru). (para senior jones ini surga kalian :3).

Nah biasanya sebelum resmi menjadi mahasiswa para Maba ini akan melewati suatu tradisi yang disebut dengan OSPEK. Bagi sebagian mahasiswa baru (maba), Ospek bisa menjadi hal yang menakutkan untuk diikuti. Cerita-cerita yang beredar kerap mengidentikkan Ospek sebagai ajang balas dendam para senior. Tekanan mental dan fisik harus siap diterima maba sebagai junior. Padahal, sesuai namanya, Ospek adalah ajang pengenalan studi dan lingkungan dunia kampus, yang tentu saja penting dan wajib untuk diikuti para maba. Jika seorang maba mempersiapkan dirinya sebaik-baiknya sebelum dan pada saat mengikuti Ospek, tentu ia tidak akan kesulitan mengikuti tahap demi tahap selama masa Ospek. Nah kira persiapan-persiapan apa yang harus dilakukan sebelum ospek dan bagaimana tips dalam menghadapi ospek? MABA wajib baca! :D

OSPEK itu apa sih? OSPEK merupakan kependekan dari "Orentasi dan Pengenalan Kampus". Dari situ sudah jelas OSPEK itu bukanlah ajang balas dendam senior terhadap junior, apalagi sampai ada kekerasan fisik yang membuat trauma. Ospek itu bertujuan agar mental para MABA (Mahasiswa Baru) semakin terlatih. Agar sifat-sifat manjanya hilang, sifat malas yang pernah melekat pada diri kita itu pudar, terus juga menghilangkan sifat cengeng yang ada pas jaman SMA dulu. Selain itu OSPEK juga bertujuan agar Maba bisa lebih mengenal tentang lingkungan Universitas yang baru. Nah biasanya saat ospek kalian akan bertemu dengan hal-hal berikut ini:
Peraturan
Seperti namanya aturan berfungsi untuk mengatur, aturan dibuat bukan untuk dilanggar melainkan untuk dipatuhi. Di dunia ini kalau tidak ada peraturan pasti aka nada kerusuhan dimana-mana. Nah begitu juga dengan ospek, peraturan merupakan dasar dari Ospek. Peraturan biasanya dibuat agar peserta merasa aman dan tenang tanpa ada maksud untuk melukai para Maba. Dengan adanya peraturan tanpa  disadari kamu sudah belajar tentang pentingnya menaati aturan agar kedepannya jadi lebih baik lagi.

Atribut Konyol
Yap! Peralatan atau hiasan yang aneh seakan-akan wajib harus ada pada saat Ospek. Bagaimana tidak konyol, kamu harus memakai topi yang super aneh, kalung permen, kemudian kaos kaki beda warna, lengkap dengan pengenal nama yang digantung dileher. Ini sebenarnya bertujuan baik agar kamu belajar dari apa yang namanya tanggung jawab serta menguji kesabaran dan keberanian kamu .Namun sering disalah gunakan para senior sebagai ajang menjaili maba. Tapi tenang saja akhir-akhir ini atribut-atribut seperti ini sudah tidak pernah diberlakukan lagi karena minim nilai edukasi.

Teka-teki
Biasanya pas masa Ospek kamu bakalan dapat ini dari kakak-kakak panitia Ospek. Entah itu disuruh bawa buah perdamaian avatar, ratu perak, minuman bahagia, minuman pH netral, aneh-aneh deh pokoknya. Ini semua bertujuan agar kamu dapat menguji batas pemikiran sebuah pemecahan masalah serta menguji kemampuan nalar mu untuk memecahkan sebuah teka-teki.

Senioritas
Senioritas disini sebenarnya tidak bertujuan untuk menakuti para maba ataupun mem-bully maba. Senioritas itu bermaksud untuk menghormati kakak kelas atau orang yang lebih tua. Tapi bukan merasa untuk di tuakan. Dengan adanya ini kamu bisa menjadi orang yang bisa menghormati orang yang lebih tua.

Kepala Plontos
Semua maba laki-laki tentu saja akan mengalami hal ini. Setiap MABA harus merelakan kepalanya diplontos selama mengikuti ospek. Tujuannya adalah untuk melatih kalian disiplin dan berpenampilan rapi. Ga kebayang kalau seorang mahasiswa rambutnya semraut dan urak-urakan, sungguh sangat tidak kece :3

Maba ku tersayang itulah beberapa hal yang akan kalian temukan pada saat menghadapi ospek. Bagaimana? Masih pada takut ospek? Takut ketemu senior yang galak? Baiklah berikut ini ada beberapa persiapan dan tips yang wajib kalian lakukan untuk persiapan ospek.
Persiapan fisik dan mental
Menjaga kondisi tetap fit dan sehat menjelang masa Ospek adalah hal yang penting. Selain itu mental kamu juga harus siap, dengan selalu berpikiran positif bahwa Ospek yang akan kamu jalani bukanlah hal yang berakibat buruk. Sebaliknya, tanamkan dalam diri kamu bahwa Ospek bermanfaat sebagai pijakan untuk memasuki duniamu yang baru.

Bagi perantau, carilah kos yang dekat kampus
Ospek biasanya dimulai pagi hari, harus tepat waktu dan wajib masuk setiap hari. Alangkah baiknya jika kamu mencari lokasi kos yang dekat dengan kampus, terutama bagi kamu para mahasiswa yang merantau. Jika ada barang penting yang ketinggalan di kos saat berangkat Ospek, tentu akan lebih mudah dan cepat untuk mengambilnya. Lebih bagus lagi jika kamu ngekos bersama dengan teman satu angkatan yang sama-sama ikut Ospek di kampus yang sama. Keuntungannya, kamu bisa bekerja sama dengan teman kamu jika ada tugas-tugas yang diberikan sebagai PR.

Ingat Sarapan, pastikan perut terisi dan gizi tercukupi
Meskipun ngekos dan jauh dari orang tua, kamu harus memperhatikan pola makan dan minum kamu. Belajarlah mandiri mengurus diri sendiri. Sarapan pagi sangat penting untuk menjaga stamina tetap fit selama seharian menjalani Ospek. Maka menyediakan stok buah-buahan, roti, susu dan air mineral sangat berarti demi menjaga tubuh tetap fit. Lebih bagus lagi jika kamu memilih tempat kos yang dekat dengan warung makan dan pemiliknya bisa menyediakan makanan sehat sewaktu-waktu kamu butuhkan, termasuk di pagi hari sebelum berangkat Ospek.

Buat cek list
Tugas dan barang-barang yang harus dibawa saat Ospek biasanya banyak dan terkadang aneh-aneh. Maka dari itu penting sekali membuat cek list atau daftar apa saja yang mesti kamu kerjakan atau dibawa ke kampus saat Ospek. Tulis di kertas folio dan tempelkan di dinding kamar kamu. Cek satu per satu jika sudah siap dan masuk ke dalam tas kamu. Hal ini untuk memastikan tak ada yang terlupa atau ketinggalan.

Hindari dandan berlebihan
Biasanya maba perempuan akan menjadi sorotan jika berpenampilan mencolok, entah itu gaya berpakaiannya atau riasan di wajahnya. Nah, jika kamu memang tidak ingin menarik perhatian atau mencari masalah, sebaiknya tidak usah dandan secara berlebihan, wajar-wajar saja lah. Tidak perlu juga menyemprotkan parfum dengan wangi yang tajam. Ingat, ini Ospek bukan tempat kondangan.

Serius tapi santai
Ospek tentu saja harus diikuti dengan serius, tapi hindari bersikap tegang. Santai saja, kamu tidak sedang berhadapan dengan marabahaya kok. Ikuti setiap perintah senior dengan wajar, jangan juga berlebihan, sok akrab, sok gaul, atau sok pintar. Percaya diri itu penting, tapi jangan ke-pede-an. Menjadi diri sendiri adalah lebih baik, sambil belajar hal-hal baik yang bisa diperoleh dari kegiatan Ospek yang kamu ikuti.

Kenali teman-teman baru kamu
Salah satu tujuan dari Ospek adalah memupuk solidaritas dengan teman-teman baru satu angkatan. Maka, selain nama senior panitia Ospek, berusahalah mengenal satu per satu teman baru kamu selama masa Ospek. Paling tidak kamu bisa menyebut nama mereka dan membedakannya satu sama lain meski saat Ospke dandanan mereka sama, kunciran rambut sama dan bau badan pun hampir sama.

Jangan Banyak Mengeluh
Sudah jelas tujuan Ospek agar kamu dapat berubah menjadi anak yang mandiri dan tidak lembek serta manja. Nah jadi sebisa mungkin kamu harus bisa menghindari yang namanya mengeluh untuk hal-hal yang nggak penting selama Ospek. Semakin kalian mengeluh maka senior kamu bakalan lebih semangat lagi buat ngerjain kamu. Semakin kamu mengeluh, maka akan semakin tersiksa.

Harus Kompak
Selama masa Ospek kamu harus kompak satu sama lain. Di dalam Ospek kalian akan diajari kekompakan. Satu sakit, yang lain juga merasakannya. Begitu juga sebaliknya. Semua tantangan yang diberikan oleh kakak-kakak senior bakalan lebih terasa ringan kalau kalian saling kompak satu sama lain.

Disiplin
Ini juga merupakan hal yang penting bagi Maba. Jangan pernah terlambat datang ke kampus. Karena senior akan memberi hukuman. Pasti itu!. kalau senior menyuruh membawa perlengkapan ini itu selama masa Ospek ya harus dibawa. Soalnya senior bakal mencari-cari kesalahan terkecil apapun untuk menghukum kamu. Pokoknya jangan pernah melawan atau melanggar aturan jangan mencari gara-gara kalau kalian tidak ingin menggali kuburan kalian sendiri. Hehehe

Sebenarnya tidak ada yang perlu ditakuti dari kegiatan Ospek. Selama masih menaati peraturan, serta tidak adanya tindak kekerasan, semuanya akan baik-baik aja. Jangan ada lagi yang meninggal hanya gara-gara Ospek. Karena Ospek itu sendiri sejatinya adalah untuk pembentukkan karakter agar para Maba yang bakal masuk ke Universitas baru mempunyai sifat tanggung jawab, disiplin, kompak, tidak manja, tegas, dan berpemikiran luas. Bukan ajang balas dendam apalagi sampai ada penyiksaan yang membuat hilangnya nyawa seseorang.

Are you ready MABA? :D
see you at campus…

Love
Your Senpai





Sumber:
http://muda.kompasiana.com/2013/09/04/ini-dia-tips-menghadpi-ospek-589797.html
http://ngehekal.blogspot.com/2014/05/semua-tentang-ospek.html
http://www.shitlicious.com/2011/07/ospek-siapa-takut.html
http://darmandj89.wordpress.com/2013/02/07/tips-menghadapi-ospek-dan-senior/
http://alhifnie.wordpress.com/2011/08/19/persiapan-menghadapi-ospek/

https://blog.ub.ac.id/deapristotia/2013/04/08/tips-maba-buat-ngadepin-ospek-plus-kakak-senior-yang-galak/

0 comments:

Post a Comment